Bermain plastisin sangat menyenangkan bagi anak-anak. Namun lebih menyenangkan lagi ketika mereka membuat adonan plastisinnya sendiri dengan bahan-bahan yang telah disiapkan oleh ustadzahnya, seperti yang sudah dilakukan di kelompok Pra PG KB Islam ZANJABILA, Rabu, 23 Januari 2013 belum lama ini.

Adapun bahan dan cara membuat plastisin adalah sebagai berikut :

1. Tepung terigu

2. Garam

3. Pewarna adonan

4. air

Cara membuat :

  • Campur tepung terigu dengan air secukupnya lalu masukkan garam ( untuk mengawetkan plastisin ) kemudian diaduk hingga rata dan didapat kekenyalan yang diinginkan.
  • Setelah didapat kekenyalan yang diinginkan, adonan dibagi menjadi 3 bagian yang kemudian masing-masing bagian diberi pewarna makanan yang berbeda warna (boleh lebih dari 3 bagian/ menyesuaikan warna yang diinginkan).
  • Setelah semua tercampur, adonan diremas-remas hingga warna menjadi rata. Jika warna sudah merata berarti plastisin sudah siap untuk dibentuk.

Dari kegiatan ini terlihat anak-anak sangat antusias. Ketika plastisin telah selesai dibuat dan kemudian dibagikan, mereka mulai membentuk adonan plastisin sesuai keinginannya masing-masing. Ada yang membuat bentuk buah-buahan, orang-orangan, peralatan makan dan lain-lain.

Tujuan :

Tujuan dari kegiatan membuat plastisin ini adalah :

  • Melatih motorik halus anak dengan kegiatan meremas-remas adonan plastisin dengan menggunakan lima jari
  • Mengembangkan kreatifitas anak dalam membuat bentuk.
  • Mengenalkan warna-warna pada anak-anak.

 
(By: Ayu, Ustadzah Pra PG)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>